Pasang surut dalam perjalanan hidup yang telah dialami dan gejolak yang pernah melanda lembaga ini akibatnya manajemen dan pengawaan dari Yayasan, tidak menjadikan surutnya semangat, tetapi justru menjadi rangsangan untuk menentukan langkah-langkah pengembangan selanjutnya, baik oleh pengurus Yayasan maupun oleh pimpinan lembaga sendiri.

Upaya untuk membenahi masalah tersebut dilaksanakan dengan mengadakan pergantian pengurus Yayasan dan pimpinan lembaga, dengan tujuan untuk mencari efisiensi pengelolaannya. Disamping itu, pada tahun 1992 telah disusun pula Rencana Induk Pengembangan (RIP). Berpegang pada Rencana Induk Pengembangan (RIP) tersebut pengelolaan dapat ditingkatkan. Hal ini terbukti dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memberikan status Terdaftar untuk Tingkat Sarjana Muda pada :

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Teknik

Sedangkan untuk Fakultas Tarbiyah diberikan Status DIAKUI unutk tingkat Sarjana Muda dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 77 Tahun 1977.

Pada tahun akademik 1985/1986 status tersebut ditingatkan dari Program Sarjana Muda Menjadi Program Strata Satu (S1) dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 070/1985 memberikan status terdaftar pada:

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  4. Fakultas Teknik

Sedangkan untuk Fakultas Tarbiyah Program Doktoral diberikan status TERDAFTAR dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1984.

Melalui penetapan kembali penyesuaian jalur jenjang dan program pendidikan serta nama unit/fakultas/jurusan/program studi di PTS Universitas Sunan Giri melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Cq. Kopertis Wilayah VII Jawa Timur dan Departemen Agama Cq. Kopertais Wilayah IV Surabaya, menetapkan status bagi fakultas yang ada di lingkungan Universitas Sunan Giri sampai dibentuknya BAN-PT Depdikbud, Universitas Sunan Giri telah memiliki status sebagai berikut :

  • Program Studi Terakreditasi B untuk Strata 1 (S1) : Pendidikan Agama Islam, Ahwal Al-Syakhsiyyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Manajemen, Ekonomi Syari’ah, Hukum dan Teknik Sipil
  • Program Studi Terakreditasi B untuk Strata 2 (S2) : Ahwal Al-Syakhsiyyah, Pendidikan Agama Islam dan Hukum
  • Program Studi Terakreditasi C untuk Strata 1 (S1) dan akan melaksanakan reakreditasi : Teknik Mesin dan Administrasi Publik